Selasa, 13 September 2016

Jenis serat buatan



Jumlah serat buatan yang hampir 70% dari semua serat yang dihasilkan di dunia, dan hampir 80% untuk negara-negara Eropa. Ini dapat mencapai produksi total 65,000,000 ton per tahun. Penggunaan yang paling populer untuk serat buatan manusia ini berada dalam rumah tangga tekstil, karpet dan pakaian. Kegunaan lain meliputi berbagai macam produk teknis, seperti mengisi cuaca dingin pakaian, ban berjalan, sistem filtrasi dan bahan tahan api.

Masing-masing dari serat tepat direkayasa untuk memberikan hasil akhir kualitas tertinggi. Banyak dari serat digunakan dalam kombinasi dengan wol dan kapas, dan mencakup dua bentuk utama: pokok, panjang terputus-putus dan terus-menerus filamen. Panjang serat pokok, terputus-putus dengan mudah ditransfer ke benang atau digunakan untuk kegunaan lain, seperti non-anyaman atau tambalan. Filamen terus-menerus adalah bahan yang lebih praktis untuk produksi karpet, merajut atau tenun.

Berikut adalah beberapa yang umum jenis serat buatan

Asetat

Serat asetat adalah jenis serat yang dibuat dari selulosa asetat, yang merupakan zat tawar, tidak berbau dan bersih. Ini awalnya bersumber dari pulp kayu pohon dan produk yang sangat ramah lingkungan dan alam. Serat ini termoplastik dan dihargai karena kemampuannya untuk menyerap air kecil, mudah untuk mewarnai dan dapat bertekstur. Jenis serat ini memiliki titik leleh yang relatif tinggi 300° c dan penggunaannya utama yang berkaitan dengan memakai gaun dan lapisan. Derek asetat juga digunakan dalam produksi Rokok filter.

Viscose

Ada berbagai serat yang dibuat menggunakan bahan tumbuhan alami seperti selulosa polimer yang bersumber dari pulp kayu. Serat viscose adalah sangat umum jenis serat selulosa dan sangat fleksibel dengan kemampuannya untuk menghindari menyusut di panas dan pewarna mudah. Hal ini biasanya digunakan untuk pakaian dan secara teratur dicampur dengan jenis lain dari serat. Salah satu penggunaan umum adalah di produk higienis sekali pakai karena memiliki kadar kelembaban tinggi peringkat. Menggunakan lainnya termasuk memperkuat berkecepatan tinggi Ban karena stabilitas termal tinggi.

Elastane

Elastane jenis bahan yang dihargai karena kemampuannya untuk sepenuhnya pulih setelah diregangkan. Luar peregangan dan memulihkan properti serat ini, hal ini juga sangat berguna untuk melawan kosmetik minyak dan keringat, sementara juga menjadi sangat mudah untuk mewarnai dan sangat dicuci. Jenis serat ini sering dilapisi dengan bahan lain untuk meningkatkan ketahanan abrasi dan meningkatkan massal. Elastane digunakan untuk berbagai macam pakaian yang mengandalkan cocok dan kenyamanan. Barang-barang khas cenderung termasuk stoking Korset elastis, memakai pakaian renang dan rekreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar